Cara Menurunkan Berat Badan [Panduan Lengkap 2019]

Banyak wanita yang khawatir terhadap berat badan berlebih. Apalagi bagi para wanita aktif dengan segudang aktivitas seperti Anda. Selain dapat menurunkan rasa percaya diri, memiliki berat tubuh berlebih juga memicu timbulnya berbagai macam penyakit.

Sayangnya, tak sedikit wanita yang menjalankan pola diet yang salah dan justru menyiksa diri. Padahal siapa bilang sih menurunkan berat badan itu sulit? Yuk simak panduan lengkap cara menurunkan berat badan tanpa menyiksa berikut ini!

perempuan gemuk
  • Facebook
  • Twitter

1. Hitung Berat Badan Ideal

Banyak wanita yang berlomba-lomba untuk mendapatkan berat badan idealnya. Termasuk Anda, ya kan? Namun, apakah Anda telah paham yang dimaksud dengan berat tubuh ideal? Dan bagaimana cara mengetahui dan menghitung berat badan ideal?

Berat badan ideal atau yang biasa dikenal Body Mass Index (BMI) merupakan salah satu cara konvensional untuk mengukur apakah massa tubuh Anda masuk kategori ideal atau tidak. Biasanya cara ini pula yang sering dijadikan tolak ukur seberapa sehatnya tubuh seseorang.

Untuk menghitung berapa idealnya berat badan, Anda dapat melihat rasio perbandingan antara tinggi badan dengan masa tubuh dengan rumus:

Berat badan ideal (kg) = tinggi badan (cm) – 100

Namun, Anda juga dapat menggunakan rumus Brosca yang membuat menjadi dua kategori, pria dan wanita.

Pria:

Berat badan ideal (kg) = [tinggi badan (cm) – 100] – [(tinggi badan (cm) – 100) x 10%]

Wanita:

Berat badan ideal (kg) = [tinggi badan (cm)-100] – [ (tinggi badan (cm) – 100) x 15%]

Bagaimana, tubuh Anda sudah masuk kategori ideal?

hitung berat badan ideal
  • Facebook
  • Twitter

2. Buat Target Penurunan Berat Badan

Akan selalu ada alasan yang membuat Anda termotivasi untuk menurunkan berat badan. Entah itu rencana reuni SMA, pesta perkawinan, bahkan melihat baju-baju favorit lama yang kini tidak muat lagi digunakan. Namun, apapun alasan Anda, tentu harus menetapkan target penurunan berat badan, baik target jangka pendek maupun jangka panjang.

Misalnya, Anda menargetkan untuk menurunkan berat badan sebanyak 5 kg selama 1 bulan. Setelah berhasil, lanjutkan dengan target baru yang ingin Anda capai. Eits, jangan lupa untuk dicatat dalam buku catatan, kalender maupun handphone tentang setiap perubahan berat badan, makanan apa saja yang baik dan tidak untuk dikonsumsi, hingga olahraga yang rutin dilakukan. Hal ini berguna selain untuk mengatur target juga memotivasi Anda mendapatkan berat badan yang diinginkan.

buat target penurunan berat badan
  • Facebook
  • Twitter

3. Pahami 3 Prinsip Menurunkan Berat Badan

Dalam upaya menurunkan berat badan, terdapat tiga prinsip dasar yang dapat Anda gunakan sebagai acuan untuk mencapai berat badan yang inginkan. Di antaranya:

1. Kurangi Konsumsi Kalori

Walaupun kalori adalah salah satu nutrisi penting bagi tubuh, namun mengetahui jumlah kalori yang dibutuhkan setiap hari penting. Pasalnya, kelebihan jumlah kalori dalam tubuh justru akan menjadi timbunan lemak yang tentunya akan memengaruhi berat badan Anda.

Untuk membantu mengurangi tumpukan lemak, saatnya kurangi konsumsi kalori dengan melakukan diet. Anda juga dapat mencatat hitungan kalori yang dipotong dan konsumsi dengan detil, sehingga dapat melacak seberapa jauh perkembangan diet yang telah dilakukan.

2. Tingkatkan Pembakaran Kalori

Selain mengurangi konsumsi makanan yang mengandung kalori, Anda dapat meningkatkan proses pembakaran kalori dalam tubuh dengan rutin berolahraga. Cobalah menemukan olahraga yang diminati agar hal tersebut dapat menjadi rutinitas sehari-hari.

3. Kombinasikan Diet dengan Olahraga

Agar upaya Anda dalam menurunkan berat badan lebih efektif, maka diet dan berolahraga menjadi kombinasi terbaik. Olahraga yang dilakukan untuk menurunkan berat badan juga tidak harus olahraga yang lama. Anda bisa lakukan olahraga selama 20 menit, namun dilakukan dengan rutin dan intensitas yang cukup tinggi.

4. Hindari Mengonsumsi Makanan Ini

Sebelum melakukan diet, Anda harus ekstra waspada dengan makanan yang wajib dihindari. Pasalnya, jika tidak Anda cermati dengan baik makanan yang dikonsumi malah justu menjadi bumerang yang merugikan buat diet Anda! Berikut makanan yang harus Anda hindari saat diet.

Roti Putih

Jika saat diet Anda mengonsumsi roti putih, itu sebenarnya hal yang sia-sia. Karena makanan yang satu ini ternyata tidak memiliki banyak nutrisi. Sehingga ketika saat sarapan dengan roti putih, kamu cenderung akan lebih mudah merasa lapar bahkan sebelum jam makan siang tiba.

roti putih
  • Facebook
  • Twitter

Jus Kemasan

Nah, jangan berpikir Anda akan berhasil mendapatkan tubuh ideal bila mengonsumsi jus kemasan. Justru bisa saja berat badan akan terus bertambah. Meminum satu takaran saji, kalori yang masuk ke dalam tubuh Anda bisa mencapa 100 kalori. Tak hanya itu, jus kemasan mengandung bahan pengawet, dan pemanis buatan.

jus kemasan
  • Facebook
  • Twitter

Cereal Bars

Memang cereal bars biasanya tidak mengandung kalori tak lebih dari 150 kalori, tapi kandungan gula dari makanan jenis ini ternyata lebih tinggi dari sebatang coklat. WOW! Pilihlah cereal bar yang terdiri dari buah dan kacang kering, bukan gandum atau gula tambahan ya.

cereal bars
  • Facebook
  • Twitter

Minuman Bersoda

Jangan tergiur dengan klaim rendah kalori pada sekaleng minuman bersoda, sebab dalam satu kaleng minuman soda mengandung gula yang tinggi. Gula buatan yang termasuk dalam komposisi minuman tersebut justru dapat meningkatan resiko Anda terkena masalah kesehatan mematikan.

minuman bersoda
  • Facebook
  • Twitter

Es Krim

Bagi Anda pecinta es krim saatnya ucapakan “goodbye” pada kudapan yang satu ini. Faktanya, ¼ cups pada es krim favorit ternyata mengandung 360 kalori. Tak hanya itu, jumlah gula yang digunakan dalam pembuatan es krim juga dapat menghilangkan mineral utama pada susu.

es krim
  • Facebook
  • Twitter

5. Konsumsi Makanan Penurun Berat Badan

Walaupun menjalani diet terkesan sulit dan menantang, bukan berarti Anda menyiksa diri dengan membuat diri Anda kelaparan ya, karena saat diet Anda tetap perlu mendapatkan nutrsi. Apa saja makanan yang mampu membantu menurunkan berat badan?

Susu Kedelai

Saatnya ganti susu Anda dengan susu kedelai. Susu kedelai memiliki protein yang paling tinggi, yakni antara 8 hingga 11 gram protein per-cup.

susu kedelai
  • Facebook
  • Twitter

Almond Milk

Selain susu kedelai, susu yang terbuat dari kacang almond juga sangat baik untuk diet. Ini karena almond milk cenderung lebih rendah kalori dan gula bila dibandingkan dengan susu hewani.

almond milk
  • Facebook
  • Twitter

Daging Tanpa Lemak

Meski sedang diet, bukan berarti Anda tidak bisa menikmati nikmatnya menu olahan daging. Pilihlah daging tanpa lemak untuk membantu Anda menurunkan berat badan. Selain itu, daging juga mengandung protein yang membantu membuat Anda lebih kenyang dalam waktu lama.

daging tanpa lemak
  • Facebook
  • Twitter

Alpukat

Sebagian besar kalori yang dimiliki alpukat berasal dari lemak, tapi tak perlu cemas karena alpukat penuh dengan lemak sehat yang bermanfaat untuk mengendalikan kadar kolesterol dan membantu Anda untuk kenyang dalam waktu lama.

alpukat
  • Facebook
  • Twitter

Telur

Telur merupakan salah satu makanan sehat yang memiliki segudang manfaat. Telur mampu meningkatkan rasa kenyang dan menstabilkan tingkat gula darah dalam tubuh, sehingga mampu menekan keinginan makan Anda.

telur
  • Facebook
  • Twitter

Buah Garcinia Cambogia

Anda tahu Garcinia Cambogia? Di Indonesia buah ini dikenal dengan asam gulugur. Buah ini sering digunakan sebagai bumbu tambahan untuk masakan. Buah yang memiliki rasa asam dan kesat ini memiliki banyak manfaat untuk menurunkan berat badan.

garcinia cambogia
  • Facebook
  • Twitter

6. Konsumsi Menu Makanan Sehat

Jika ingin mendapatkan tubuh yang sehat, tentu Anda harus mengonsumsi makanan yang sehat pula. Maka, makanan yang dikonsumsi pun juga harus yang dapat memenuhi asupan nutrisi setiap hari. Berikut ragam menu makanan sehat.

Bibimbap

Makanan terkenal asal Korea ini dikenal nikmat dan sehat untuk diet. Bagaimana tidak, makanan ini terdiri dari nasi dan ragam sayur yang menyehatkan. Janda bisa menambahkan kacang-kacangan pada nasi putih atau nasi merah.

bibimbap
  • Facebook
  • Twitter

Smoothies Bowl

Terdiri dari aneka sayuran dan buah-buahan yang sajikan dalam mangkuk yang diberi oatmeals, taburan granola, serta biji-bijian dapat membangkitkan energi, terutama bila disajikan dalam keadaan dingin.

smoothies bowl
  • Facebook
  • Twitter

Vietnamese Spring Roll

Anda bisa menjadikan menu ini sebagai cemilan menunda makan. Cemilan khas Vietnam ini memiliki cita rasa yang segar karena terdiri dari beragam sayuran dengan saus asam manis. Mulai dari protein, karbohidrat hingga vitamin serta mineral dapat Anda temukan dari cemilan ini.

vietnamese spring roll
  • Facebook
  • Twitter

Sup Labu Kuning

Labu kuning adalah menu terbaik untuk Anda yang sedang menjalani diet. Labu kuning merupakan bahan makanan rendah kalori dan tinggi serat. Agar lebih kenyang, tambahkan biji bunga matahari atau roti gandum sebagai pendamping menu ini.

sup labu kuning
  • Facebook
  • Twitter

7. Olahraga yang Paling Efektif Menurunkan Berat Badan

Olahraga yang rutin memang hal penting yang harus dilakukan untuk menurunkan berat badan. Idealnya olahraga paling tidak lima kali dalam seminggu. Namun, jika memang tidak dapat berolahraga sebanyak itu, mulailah dengan membiasakan diri untuk berolahraga tiga kali seminggu. Olahraga yang paling efektif untuk menurunkan berat badan antara lain:

Renang

Olahraga mampu membakar kalori secara maksimal karena bergerak di dalam air membutuhkan banyak usaha dan tenaga. Sehingga saat berenang, Anda menggunakan semua otot utama Anda seperti punggung, pundak dan perut.

renang
  • Facebook
  • Twitter

Zumba

Zumba merupakan salah satu olahraga yang selain efektif menurunkan berat badan juga seru dan menyenangkan. Lakukan olahraga ini paling tidak seminggu dua kali.

zumba
  • Facebook
  • Twitter

Power Yoga

Jika menurut Anda, yoga saja tidak mampu membakar kalori dengan maksimal, saatnya coba power yoga. Olahraga yang satu ini cukup menantang karena Anda harus melakukan gerakan cukup sulit secara terus menerus, dan pose demi pose. Agendakan jadwal olahraga ini paling tidak tiga kali dalam seminggu.

power yoga
  • Facebook
  • Twitter

Kesimpulan

Setelah melakukan panduan-panduan di atas, berat badan Anda masih tak kunjung turun? Eits, jangan langsung putus asa dulu. Yang Anda butuhkan adalah suplemen pendamping diet. Herbavit Slimfit merupakan suplemen herbal pendamping diet sehat yang ampuh membantu mengurangi lemak dalam tubuh.

Herbavit Slimfit terbuat dari 100% ekstrak ramuan bahan alami yang terdiri dari Garcinia Cambogia Fructus, Guazuma Ulmifolia atau daun jati belanda, Murraya Paniculata atau daun kemuning serta Curcuma Domestica Rhizoma atau kunyit sehingga aman dikonsumsi dan tidak menimbulkan efek samping pada organ ginjal dan hati. Mutunya yang terjamin karena telah bersertifikat halal dan sudah mendapatkan izin dari BPOM.

Share This
Scroll to Top